6 Penyebab CCTV Tidak Bisa Online

Halo semuanya, pada pembahasan kali ini promocctv.com akan menjelaskan faktor apa saja yang menyebabkan CCTV tidak bisa online. Ingin tahu selengkapnya seperti apa? Simak melalui ulasan artikel di bawah ini.

fungsi cctv

Apa Kaitannya Internet dan CCTV?

Sebetulnya pada saat kita memasang CCTV tidak ada keharusan untuk terhubung dengan internet. Namun, jika kita ingin memantau CCTV melalui jarak jauh, maka tentu saja CCTV yang sudah kita pasang harus dihubungkan dengan koneksi internet.

Yang mana dengan begitu kita bisa menginstall aplikasi CCTV di smartphone dan mengkoneksikannya dengan CCTV yang sudah kita pasang di area tertentu seperti rumah, kantor, ataupun tempat lainnya.

Beberapa Penyebab CCTV Tidak Bisa Online

Salah satu error yang sering ditanyakan oleh pengguna CCTV yaitu, kenapa CCTV tidak bisa online, padahal sudah terhubung dengan koneksi jaringan. Nah, supaya tidak bingung pada artikel ini kita akan bahas apa saja penyebab CCTV offline, di antaranya adalah sebagai berikut :

Kesalahan dalam Pemasangan Kabel UTP (Unshield Twisted Pair)

Pertama, CCTV bisa dihubungkan dengan internet menggunakan kabel jenis RJ45 atau sering juga dikenal dengan kabel LAN. Kabel tersebut memiliki warna yang berbeda maka untuk CCTV sendiri biasanya menggunakan pengkabelan jenis straight.

Kalau penyusunan warna kabel LAN dengan tipe straight salah maka bisa dipastikan ini merupakan salah satu penyebab kenapa CCTV tidak bisa online.

Kesalahan dalam Mengkoneksikan / Menghubungkan dengan Port

Kemudian setelah kita berhasil memasang kabel dengan format straight maka kabel dengan RJ45 akan dihubungkan ke port LAN yang ada pada router. Pada port yang tersedia biasanya sudah ditentukan mana untuk internet, tv lokal, dan juga CCTV.

Baiknya Anda bisa bertanya ke pihak provider atau teknisi jaringan internet mana port yang bisa digunakan untuk menghubungkan CCTV. Karena kalau salah maka bisa dipastikan CCTV akan offline.

Kesalahan SSID atau Password Wifi

SSID bisa juga disebut sebagai nama jaringan wifi. Kalau ada perubahan penamaan ataupun juga password wifi yang tadinya terhubung dengan CCTV. Maka bisa dipastikan akan terputus jika wifi tersebut ganti nama dan passwordnya. Jadi, pastikan sudah benar atau kalau memang diganti Anda bisa mengkoneksikan ulang.

Pengaturan DVR (Digital Video Recorder)

Yang harus diperhatikan selanjutnya adalah pengaturan DVR dengan internet apakah sudah benar atau tidak. Pengaturan tersebut meliputih :

  • Username dan passwordnya
  • Apakah DHCP atau statis
  • Apakah menggunakan 1 router
  • Dan lain sebagainya

Temukan Jasa CCTV di kota Anda : 


Kecepatan Internet yang Terhubung dengan CCTV

Internet kencang ternyata bukanlah paramater atau ukuran CCTV akan bisa terhubung dengan baik dan selalu online. Karena ternyata kebutuhan internet pada perangkat DVR berbeda dengan perangkat yang sering kita gunakan untuk terhubung dengan internet.

Jadi, yang harus dicek adalah kualitas atau kecepatan upload, apakah rendah dan tidak stabil, atau cepat dan stabil koneksi uploadnya.

 Sinyal Internet dan kuota internet

Selanjutnya ternyata sinyal internet juga akan mempengaruhi CCTV online atau offline. Jadi, pastikan sinyal internet yang Anda gunakan bagus dan juga stabil koneksinya.

Kalau Anda menggunakan GSM untuk koneksi jaringan internet, maka yang harus jadi perhatian adalah kuotanya pastikan selalu ada. Agar internet terus online.

Pasang CCTV dengan Harga Terjangkau

Kalau Anda ingin memasang CCTV dengan harga terjangkau dan dipasang oleh teknisi yang profesional dengan waktu yang relatif cepat. Silahkan langsung saja hubungi CS kami melalui tombol whatsapp yang tertera di area website ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *