Apakah Kamera CCTV Bisa Tersambar Petir? Cari Tahu di Sini!

Di tengah perkembangan teknologi keamanan yang semakin canggih, kamera CCTV telah menjadi andalan dalam pengawasan dan perlindungan properti. Namun, di balik kemampuan pengawasannya yang luar biasa, muncul pertanyaan penting yang sering terlewatkan: Apakah kamera CCTV bisa tersambar petir?

Pertanyaan ini bukan tanpa alasan, mengingat petir merupakan fenomena alam yang tak hanya menakjubkan tapi juga berpotensi merusak.

Dengan semakin banyaknya kamera CCTV yang dipasang di lokasi terbuka atau di tempat-tempat yang tinggi, risiko tersambar petir menjadi isu yang tidak bisa diabaikan.

apakah kamera cctv bisa tersambar petir

Apakah Kamera CCTV Bisa Tersambar Petir?

Apakah kamera CCTV bisa tersambar petir? Ya, kamera CCTV bisa tersambar petir, terutama jika dipasang di tempat terbuka atau di lokasi yang tinggi tanpa perlindungan yang memadai terhadap petir. Sambaran petir bisa merusak kamera CCTV baik secara langsung maupun tidak langsung.

Secara langsung, petir dapat menyebabkan kerusakan fisik pada kamera jika sambarannya mengenai kamera atau struktur di sekitarnya.

Secara tidak langsung, petir dapat menyebabkan lonjakan arus listrik dalam sistem kelistrikan yang terhubung dengan kamera CCTV, seperti melalui kabel daya atau kabel data, yang dapat merusak komponen elektronik kamera tersebut.

Bagaimana Cara Agar CCTV Bisa Terhindar dari Petir?

Kita telah membahas apakah kamera CCTV bisa tersambar petir, lalu bagaimana cara mengantisipasinya? Untuk menghindarkan kamera CCTV dari kerusakan akibat petir, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat diambil:

1. Pemasangan Penangkal Petir

Pemasangan sistem penangkal petir di dekat lokasi kamera CCTV dapat membantu melindungi peralatan dari sambaran petir langsung.

Sistem ini bekerja dengan menyediakan jalur yang lebih disukai bagi muatan listrik untuk mengalir ke tanah, sehingga mengurangi risiko kerusakan pada peralatan elektronik.

2. Surge Protectors

Menggunakan surge protector atau pelindung lonjakan listrik pada kabel listrik dan kabel data yang terhubung ke CCTV. Surge protector bisa meredam lonjakan arus listrik yang disebabkan oleh petir, sehingga melindungi peralatan dari kerusakan.

3. Grounding yang Baik

Memastikan sistem grounding (penghantar ke bumi) yang baik dan memadai untuk instalasi CCTV dan peralatan terkait. Sistem grounding yang baik dapat mengalirkan muatan listrik yang berlebih ke tanah, sehingga mengurangi risiko kerusakan akibat petir.

4. Pemilihan Lokasi Pemasangan

Hindari memasang kamera CCTV di tempat yang terbuka atau di titik tertinggi bangunan tanpa perlindungan yang memadai. Jika memungkinkan, pasang di bawah atap atau gunakan struktur lain sebagai pelindung.

5. Penggunaan Kabel Berlapis

Menggunakan kabel yang memiliki perlindungan tambahan, seperti kabel berlapis atau shielded, terutama untuk jalur yang panjang dan terpapar di luar ruangan, dapat membantu mengurangi risiko kerusakan akibat induksi elektromagnetik dari sambaran petir.

6. Isolasi dan Proteksi Kabel

Pastikan kabel dan konektor yang digunakan untuk CCTV terisolasi dan dilindungi dari elemen eksternal. Hal ini tidak hanya melindungi dari sambaran petir, tetapi juga dari kerusakan akibat cuaca, seperti hujan dan panas matahari.

7. Pemeriksaan dan Maintenance Rutin

Melakukan pemeriksaan dan maintenance secara rutin pada sistem CCTV, termasuk pengecekan komponen penangkal petir dan grounding, untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik dan tidak ada kerusakan yang dapat meningkatkan risiko saat petir menyambar.

Mengimplementasikan langkah-langkah tersebut tidak menjamin 100% perlindungan terhadap kerusakan oleh petir, tapi dapat secara signifikan mengurangi risiko dan meminimalisir potensi kerusakan pada sistem CCTV Anda.

Apakah Rekaman CCTV Akan Hilang Jika Tersambar Petir?

Memang kamera CCTV bisa tersambar petir, dan rekamannya berpotensi hilang jika perangkat yang menyimpan rekaman tersebut (misalnya, DVR atau NVR) mengalami kerusakan.

Sambaran petir dapat menyebabkan kerusakan fisik dan listrik pada perangkat keras, termasuk komponen penyimpanan data seperti hard drive. Berikut ini beberapa skenario yang mungkin terjadi:

1. Kerusakan Langsung pada Perangkat Penyimpanan

Jika petir mengenai langsung atau menyebabkan lonjakan arus yang signifikan pada sistem listrik yang terhubung ke DVR/NVR, ini dapat merusak komponen elektronik, termasuk hard drive.

Kerusakan fisik pada hard drive akan menyebabkan hilangnya data yang tersimpan, termasuk rekaman CCTV.

2. Kerusakan Sistem Elektronik

Meskipun hard drive mungkin tidak langsung rusak, komponen lain dalam sistem DVR/NVR yang rusak akibat petir dapat mengakibatkan sistem tidak dapat beroperasi atau mengakses data yang tersimpan, sehingga rekaman tidak dapat diakses atau dianggap hilang.

3. Kerusakan Sekunder

Kerusakan akibat petir juga bisa bersifat sekunder, seperti melalui gangguan pada jaringan listrik atau sistem kabel yang menghubungkan CCTV dengan perangkat penyimpan.

Ini bisa menyebabkan kerusakan pada elektronik atau data korupsi, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kehilangan data.

Untuk meminimalkan risiko kehilangan data akibat petir, beberapa langkah pencegahan dapat dilakukan:

  • Gunakan surge protector untuk melindungi perangkat dari lonjakan arus listrik.
  • Pastikan sistem memiliki grounding yang baik untuk mengalirkan muatan listrik yang tidak diinginkan ke tanah.
  • Pertimbangkan penggunaan UPS (Uninterruptible Power Supply) yang dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap gangguan listrik dan memungkinkan perangkat untuk ditutup dengan aman selama pemadaman listrik.
  • Buat backup data secara rutin ke lokasi yang berbeda atau ke cloud, sehingga jika perangkat penyimpanan rusak, rekaman CCTV tidak sepenuhnya hilang dan dapat dipulihkan dari backup.

Penutup

Artikel ini telah menjawab apakah kamera CCTV bisa tersambar petir. Jadi, perhatikan hal-hal di atas supaya Anda dapat mengantisipasi resiko ini. Sebab, tidak ada perangkat elektronik yang benar-benar bisa terhindar dari sambaran petir.


Temukan Juga Layanan Kami di Berbagai Kota  : 


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *