Resolusi Kamera CCTV dan DVR : Inilah Ulasan Lengkapnya!

Halo semuanya, pada artikel ini promocctv.com akan membahas resolusi kamera CCTV dan DVR. Ingin tahu selengkapnya seperti apa? Simak ulasannya melalui artikel di bawah ini.

resolusi kamera CCTV dan DVR

Hal Penting yang Harus diperhatikan Sebelum Membeli dan Memasang Kamera CCTV

Jika Anda ingin melakukan pembelian CCTV untuk keperluan meningkatkan keamanan pada suatu tempat seperti sekolah, rumah, masjid, bengkel, ataupun lainnya, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli CCTV, di antaranya adalah sebagai berikut :

Berapa Jumlah Kamera CCTV yang dibutuhkan?

Pertama, Anda harus menentukan terlebih dahulu berapa jumlah CCTV yang memang diperlukan untuk memantau area penting disuatu tempat baik di dalam ruangan ataupun luar ruangan. Misalkan untuk area rumah Anda bisa menentukan area penting seperti depan rumah, ruang utama, dan satu ruang penting lainnya. Berarti CCTV yang dibutuhkan 3 kamera. Kalau misal sekolah yaitu yang harus dipasangi CCTV adalah area parkir, kantin, lorong kelas, dan lainnya.

Kualitas Gambar yang diinginkan

Selanjutnya Anda juga harus memperhatikan apakah kualitas gambar atau rekaman yang dihasilkan oleh kamera CCTV benar-benar bagus atau biasa saja. Jika memang ingin yang gambarnya bagus dan jernih, maka Anda memerlukan kamera CCTV dengan resolusi yang tinggi.

Fitur Tambahan CCTV

Berikutnya yang Anda harus perhatikan juga sebelum membeli CCTV adalah apa saja fitur tambahan yang memang Anda inginkan. Apakah fitur zooming, koneksi dengan smartphone, infrared, dan lain sebagainya.

Memahami Resolusi Kamera CCTV dan DVR

resolusi kamera CCTV dan DVR

Salah satu yang harus diperhatikan pada poin di atas yaitu kualitas gambar yang dihasilkan. Nah, ini sangat berkaitan erat dengan yang namanya resolusi kamera CCTV dan DVR.

Apa itu Resolusi ?

Resolusi kamera yaitu kerapatan kualitas suatu gambar. Di mana resolusi sendiri menyatakan kualitas suatu produk kamera dalam menghasilkan gambar yang jernih. Maka, biasanya semakin tinggi resolusi kamera hasil gambarnyapun akan semakin bagus dan juga halus.

Resolusi Kamera CCTV Analog

Satuan resolusi kamera CCTV adalah TVL. Di mana TVL sendiri yaitu resolusi yang diukur dengan garis TV biasanya digunakan untuk kamera analog standar. Saat hasil video rekamanan CCTV ditampilkan akan terlihat bagus di monitor.  Jenisnya sendiri ada dua yaitu :

  • Ntsc (National television System Comittee) :
  • PAL (Phase Alternatif Line)

NTSC saat ini digunakan untuk negara Amerika Serikat dan juga Jepang. Sedangkan Eropa, Afrika, dan juga Asia lebih banyak menggunakan PAL. Saat ini, resolusi kamera CCTV umumnya adalah sebagai berikut :

  • Kamera dengan resolusi rendah : berkisar di bawah 350 / 320 – 350 TVL
  • Kamera dengan resolusi menengah : berkisar di angka 350-420 / 350 – 450 TVL
  • Kamera dengan resolusi standar : berkisar di angka 450 – 520 / 450 – 540 TVL

Urutan kerja kamera nantinya seperti berikut :

  • Kamera analog bekerja menangkap gambar di suatu ruangan yang sudah dipasangi kamera CCTV
  • Setelah itu gambar atau hasil rekamanan dikirim ke DVR
  • Kemudian akan diubah dari sinyal video menjadi format digital sehingga dapat disimpan pada media penyimpanan seperti harddisk atau SSD.

Nah, inilah yang menjadi sebab kenapa resolusi video hasil rekaman mengikuti resolusi DVR yang sering juga disebut dengan resolusi digital. Resolusi asli dari kamera CCTV yaitu TV bisa langsung dilihat jika disambungkan ke monitor.

Resolusi DVR, Ip Camera, dan NVR

Selanjutnya kita akan mempelajari mengenai resolusi dari komponen DVR. Di atas kita sudah sebutkan kalau hasil video akan diubah ke format digital, di mana satuannya pada komputer biasa disebut dengan pixel.

Nah, pada DVR sendiri ada 3 jenis resolusi yaitu :

  • CIF
  • D1
  • Dan 960 H

Kemudian resolusi pada kamera CCTV digital atau sering disebut sebagai IP Camera dan juga NVR. Yatiu memiliki resolusi sampai dengan 5MP. Maka gambar yang dihasilkan pula lebih tajam, detail, dan jernih. Kenapa begitu? Karena kamera CCTV digital tidak lagi membutuhkan proses konversi.

Berikut adalah jenis-jenis  resolusi format digital :

  • QCIF : yaitu ukuran paling kecil, angkanya berkisar 176 x 120 pixel. Jenis format ini masih banyak digunakan pada sebagian besar CCTV, karena memang dipakai untuk tampilan video pada perangkat mobile. Ini digunakan kerana format ini tidak akan banyak menguras kuota internet.
  • CIF : ukuran dari resolusi ini yaitu 352 x 240 pixel.
  • D1: ukuran resolusinya yaitu 704 x 480 pixel atau 720 x 576 pixel jika digunakan pada sinyal PAL. Dan Indonesia sendiri menggunakan sinyal PAL.
  • 960H : resolusinya yaitu 960 x 576 pixel untuk sinyal PAL dan 960 x 480 pada sinyal NTSC.
  • 720P : resolusi ini sering juga disebut sebagai setengah HD yaitu berkisar 1280 x 720 pixel atau setara dengan 1MP.
  • 960P : ukuran resolusi yang dimiliki adalah 1280 x 960 pixel, yaitu setara dengan 1,3 MP.
  • 1080N : resolusinya di angka 1080 x 960 pixel.
  • 1080P : kalau ini sering kita sebut sebagai Full HD yaitu resolusinya di angka 1920 z 1080 pixel atau setara dengan 2 MP.

Bagaimana sampai di sini Anda sudah memahami mengenai resolusi kamera CCTV dan DVR? Baik pada kamera CCTV analog dan juga digital atau yang sering disebut sebagai IP camera.

Konsultasi Pemasangan CCTV di Tempat Anda

cara merawat cctv

Dengan memahami resolusi kamera CCTV dan DVR maka penulis yakin sekarang Anda bisa memilih CCTV yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, jika Anda masih bingung akan resolusi kamera CCTV dan DVR yang dibutuhkan berapa atau yang mana, Anda bisa langsung konsultasikan dengan kami di whatsapp yang tertera pada area website ini.

Selain itu kami juga melayani pemasangan CCTV untuk area :


Temukan Jasa CCTV di kota Anda : 


Jadi, tunggu apalagi konsultasikan pemasangan CCTV Anda dengan kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *